Kamis, 20 April 2017

AGAMA DAN MANUSIA


  

Nama          : Josua Ricardo
Universitas : Gunadarma University
Dosen         : Ahmad Naster S.I.KOM.MM


Pengertian Agama
Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. 


Kata "agama" berasal dari bahasa Sansekerta āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.
 

Fungsi Agama
   a. Fungsi Edukatif
   b. Fungsi Penyelamatan
   c. Fungsi pengawasan sosial
   d. Fungsi memupuk Persaudaraan.
   e. Fungsi Transformatif



Pengertian Manusia

Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk ang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.

Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.


Berikut ini adalah pengertian dan definisi manusia menurut beberapa ahli:
 

  • NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal.
  • UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.
  • SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.

KESIMPULAN :  Kaitan agama dengan masyarakat banyak dibuktikan oleh pengetahuan agama yang meliputi penulisan sejarah dan figur nabi dalam mengubah kehidupan sosial, argumentasi rasional tentang arti dan hakikat kehidupan, tentang Tuhan dan kesadaran akan maut menimbulkan relegi, dan sila Ketuhanan Yang Maha Esa sampai pada pengalaman agamanya para tasauf.

Manusia mempunyai pengaruh penting dalam kelangsungan ekosistem dalam lingkungan serta habitat manusia itu sendiri, prilaku dan tindakan manusi asangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan dan kestabilan lingkungan.
Sumber : 
  • https://kamelia11.wordpress.com/tag/pengertian-manusia-menurut-para-ahli/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEWIRAUSAHAAN 1. Pengertian Kewirausahaan      Suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif da...